HnJxnamjFNAlOVF6Q1uObREh7avz80zCg0Efg9rw

Laporkan Penyalahgunaan

Cari Blog Ini

Mengenal 4 Perbedaan Pipa Plastik dan Pipa Logam


Membangun sebuah hunian idaman tentu perlu perencanaan yang optimal. Selain pemilihan material bangunan yang berkualitas, Anda wajib memperhatikan masalah pemasangan listrik dan air yang baik. Instalasi air yang bagus bisa mendukung sistem pengairan air bersih untuk keperluan harian. Selain itu, Anda juga perlu pemasangan pipa terbaik untuk proses pembuangan air limbah rumah tangga. Gunakan pipa SNI yang telah terbukti aman dan tanpa timbal yang membahayakan kesehatan keluarga. 

Perbedaan pipa plastik dan pipa logam 

Buat Anda yang masih ragu untuk memilih material pipa di rumah, sebaiknya ketahui kelebihan dan kekurangan pipa plastik versus pipa logam. Simak ulasan singkat berikut, yuk! 

1. Teknik pemasangan 

Pipa plastik memiliki kelebihan dari segi teknik pemasangan yang mudah. Pipa plastik hanya perlu lem pipa dan fitting untuk kemudahan sambungan antar pipa. Bahkan Anda bisa melakukan pemasangan pipa mandiri dengan peralatan yang sederhana. 

Sedangkan teknik pemasangan pipa logam butuh alat khusus yang bisa meningkatkan biaya pemasangan. Kalau Anda memang hendak menyambungkan dua pipa yang berbeda material, wajib memanggil ahli yang siap membantu pemasangan yang benar. 

2. Beban 

Pipa PVC memiliki keunggulan bobot yang lebih ringan sehingga mudah dipasang untuk instalasi air apa saja. Sebaiknya Anda memilih pipa SNI yang menjamin bobot ringan, namun sanggup menampung volume air secara maksimal. 

Kalau Anda hendak menggunakan pipa logam, sebaiknya ketahui beban berat material logam tersebut. Pipa logam tidak fleksibel sehingga butuh lebih banyak tenaga untuk memindahkan dan memasang pipa. 

3. Ketahanan dan kekuatan pipa 

Pipa logam memang lebih kuat karena terbuat dari material besi. Hanya saja logam mudah sekali berkarat dan korosi seiring pemakaian lama. Sangat tidak sehat untuk instalasi air bersih di rumah Anda. Berbeda dengan pipa besi, pipa PVC memiliki kelebihan dari segi ketahanan. 

Pipa plastik tidak mudah korosi dan bebas timbal sehingga aman digunakan untuk instalasi air bersih di rumah. Pipa PVC tidak mudah berkarat dan tahan terhadap bahan kimia sehingga Anda bisa menggunakan dalam waktu lebih lama. 

4. Harga 

Setidaknya biaya pemasangan instalasi pipa lebih ekonomis karena harga pipa PVC yang terjangkau. Anda bisa mendapatkan berbagai jenis pipa dan ukuran yang sesuai dengan kebutuhan dengan harga murah. Biaya penyambungan tidak terlalu tinggi sebab Anda bisa menggunakan peralatan sederhana untuk melakukan teknik penyambungan pipa plastik. 

Pipa PVC lebih mudah diganti bila mengalami kerusakan seiring penggunaan tiap hari. Berbeda dengan pipa logam yang butuh biaya pergantian lebih mahal, Anda bisa menghemat anggaran pemeliharaan lebih besar. 

Pipa plastik atau PVC memiliki kelebihan yang bisa digunakan untuk segala macam instalasi. Mau memasang instalasi pengairan air bersih, pembuangan limbah rumah tangga, pipa penyuplai air panas atau dingin, dan pipa ventilasi udara di hunian impian, sah-sah saja. Jika Anda memang perlu melakukan pemasangan pipa berbeda material, sebaiknya konsultasikan dengan ahli pipa yang berpengalaman. 

Dapatkan produk pipa PVC yang bagus sesuai kebutuhan hanya di distributor Rucika. Pipa SNI Rucika bisa menjadi pilihan untuk instalasi air di rumah Anda. Jaminan mutu produk yang bergaransi membuat pipa Rucika bisa mengalirkan kehidupan sampai jauh. Untuk Anda yang tinggal di daerah pegunungan dengan kontur curam atau tidak stabil, bisa menggunakan pipa HDPE yang paling unggul. Segera pilih produk pipa berkualitas sesuai dengan spesifikasi yang Anda butuhkan sekarang juga!
Related Posts
SHARE

Related Posts

Subscribe to get free updates

Posting Komentar