HnJxnamjFNAlOVF6Q1uObREh7avz80zCg0Efg9rw

Laporkan Penyalahgunaan

Cari Blog Ini

Ingin Pakai Pembalut yang Lebih Ramah Lingkungan? Coba Menstrual Cup, Yuk!


Mungkin sebagian wanita lebih memilih pembalut biasa yang dianggap lebih praktis saat mengalami menstruasi. Namun, kebersihan pemakaian pembalut biasa yang kurang diperhatikan bisa memicu masalah kesehatan vagina. Selain itu, sampah pembalut bekas yang sulit diurai menciptakan masalah pencemaran lingkungan. Yuk, mulai beralih pada produk lain yang lebih menguntungkan yaitu menstrual cup! Sudahkah Anda mendengar tentang inovasi produk satu ini?

Kelebihan menstrual cup


Benda yang sering disebut cangkir menstruasi memiliki bentuk seperti corong yang terbuat dari bahan karet atau silikon. Fungsi dari menstrual cup adalah menampung darah haid bukan menyerap seperti pembalut. Ada beberapa kelebihan inovasi produk yang wajib Anda pertimbangkan berikut ini.

1. Ramah lingkungan dan ekonomis
Sebagai pengganti produk pembalut biasa, cangkir menstruasi terbuat dari bahan karet atau silikon yang bisa dicuci ulang. Daya tahan produk bisa mencapai 6-10 tahun tergantung penggunaan masing-masing. Tentu ketahanan lebih lama membuat finansial Anda lebih ekonomis dibandingkan membeli produk pembalut sekali pakai.

2. Memiliki daya tampung besar
Berbeda dengan pembalut yang hanya mampu menyerap cairan sekitar 7ml saja, maka cangkir menstruasi bisa menampung cairan hingga 40 ml. Pengguna tidak perlu bingung harus mengganti tampon saat tidur malam hari sebab kapasitas besar yang bisa bertahan 6-10 jam.

3. Mencegah bau tidak sedap
Pada wanita yang mengalami haid, penggunaan pembalut bisa memicu bau tidak sedap di sekitar vagina. Darah haid yang terpapar bahan pembalut dan udara menciptakan aroma yang kurang enak. Pemakaian menstrual cup tidak akan menyebabkan bau tidak sedap sebab darah tidak terpapar dengan udara.

4. Menjaga kesehatan organ intim
Keseimbangan pH dan bakteri baik pada vagina akan tetap terjaga sebab cangkir menstruasi hanya bersifat menampung cairan bukan menyerapnya. Pemakaian pembalut biasa di pasaran bisa menyerap darah sekaligus cairan di vagina.

5. Manfaat kesehatan
Kelebihan pemakaian cangkir menstruasi bisa menjaga kesehatan organ intim dengan baik. Risiko infeksi pada kulit sekitar vagina dan selangkangan merupakan masalah yang sering dialami wanita.

Pemakaian pembalut biasa yang terus menerus bisa mengakibatkan ruam kulit yang menyakitkan. Selain itu, Anda yang tidak rutin mengganti pembalut setiap 3-4 jam sekali berisiko terkena penyakit yang lebih serius seperti infeksi bakteri.

Beberapa kelebihan pemakaian produk cangkir menstruasi bisa menjadi bahan pertimbangan Anda yang ingin lebih hemat dan ramah lingkungan. Asal Anda memilih bahan produk cangkir menstruasi berkualitas yang tidak menimbulkan risiko alergi kulit, sah-sah saja. Pasalnya, wanita yang mengalami masalah sensitifitas kulit bisa mengalami risiko alergi saat memakai bahan lateks. Pilih bahan silikon berkualitas yang aman digunakan dalam kurun waktu lama.

Jangan lupa untuk membeli ukuran produk yang sesuai dengan Anda, ya! Mungkin wanita yang belum pernah melakukan hubungan intim bakal kesulitan untuk memakai produk bermanfaat ini. Pastikan melakukan perawatan produk menstrual cup sesuai dengan prosedur kesehatan agar produk tetap steril meski dipakai berulang kali.

Jika Anda mengalami masalah atau pertanyaan penting terkait kesehatan organ reproduksi, bisa bertanya atau konsultasi langsung dengan dokter terpercaya di Halodoc. Dapatkan informasi, tips dan kemudahaan booking dokter terkait untuk pemeriksaan kesehatan tanpa harus keluar rumah! Tinggal klik dari layar gawai, maka kemudahan cek kesehatan secara online bisa Anda dapatkan. Yuk, segera kunjungi laman resmi Halodoc untuk mendapatkan informasi kesehatan terbaik sekarang juga!
Related Posts
SHARE

Related Posts

Subscribe to get free updates

Posting Komentar