HnJxnamjFNAlOVF6Q1uObREh7avz80zCg0Efg9rw

Laporkan Penyalahgunaan

Cari Blog Ini

Tidak Perlu Panik, Begini Pertolongan Pertama pada Demam



Salah satu kekhawatiran orang tua adalah ketika anak mengalami demam. Anak yang biasanya ceria dan aktif kini hilang selera untuk beraktivitas. Tubuhnya lemas dengan suhu yang tinggi. Sebagai orang tua, Anda boleh khawatir namun jangan panik. Tetaplah tenang dan cari tahu bagaimana memberikan pertolongan pertama pada demam yang dialami oleh anak.

Sebelum memberikan pertolongan pertama pada anak yang demam, orang tua perlu mengukur suhu tubuh si kecil. Anda bisa menggunakan termometer untuk mendapatkan angka yang pasti, bukan dengan cara meraba kulit tubuhnya. Jika suhu tubuh anak melebihi 37.2 derajat celcius, berarti anak mengalami demam tinggi. Orang tua harus segera memberikan pertolongan pertama.

Jika Anak Mengalami Demam

Bagaimana cara memberikan pertolongan pertama pada demam yang dialami oleh anak? Berikut ada 5 tips yang bisa Anda ikuti.

1. Perbanyak minum

Yang pertama, perbanyak minum. Pada saat demam, anak biasanya kehilangan selera makan dan minum. Padahal tanpa asupan yang cukup, tubuh anak akan semakin lemas dalam melawan infeksi di tubuhnya. Sebagai orang tua, Anda harus mendorong anak agar anak setidaknya mau memperbanyak minum demi kebutuhan cairan tubuhnya.

Jenis cairan yang dikonsumsi bisa disesuaikan dengan keinginan anak. Anda bisa memberikan dua pilihan, yaitu minuman hangat atau minuman biasa dengan suhu normal.

2. Hindari menyelimuti badan anak

Yang kedua, hindari menyelimuti tubuh si anak. Ini salah satu kesalahan yang sering dilakukan oleh orang tua, yaitu menutupi seluruh tubuh anak dengan selimut yang tebal atau dengan pakaian panjang yang menutupi seluruh badan. Hal ini membuat anak merasa lebih panas dan gerah sehingga suhu tubuhnya tidak kunjung turun.

Solusinya adalah biarkan anak merasa nyaman dengan yang dikenakannya. Jika dia merasa lebih nyaman dengan pakaian biasa yang tidak menutup seluruh tubuh, maka biarkan saja. begitu juga dengan penggunaan selimut. Bahkan jika anak ingin menggunakan pendingin ruangan, Anda boleh mempertimbangkan untuk menurutinya. Yang paling penting di waktu-waktu ini adalah anak merasa nyaman dengan kondisinya sekarang.

3. Berikan makanan yang hangat

Yang ketiga adalah berikan makanan hangat kepada si kecil. Anda bisa memberikan sup ayam yang masih hangat kepada buah hati Anda. Jangan lupa juga memberikan buah-buahan, terutama buah yang mengandung vitamin C. Vitamin ini sangat berguna untuk meningkatkan sistem imun tubuh sehingga anak bisa melewati sakitnya ini. 

4. Kompres

Pertolongan pertama pada demam yang berikutnya adalah dengan mengompres. Jika Anda mengompres dengan cara tradisional, selalu ingat untuk menggunakan air hangat. Jangan kompres anak dengan menggunakan air dingin.

Untuk lebih mudahnya, Anda bisa menggunakan plester kompres demam yang banyak dijual di pasaran. Jika Anda memiliki anak kecil, terutama balita, sangat disarankan untuk membeli plester ini sekaligus sebagai persediaan. Kalau sewaktu-waktu si kecil demam, Anda tidak perlu panik lagi karena bisa langsung mengompresnya dengan plester kompres demam ini.

5. Istirahat yang cukup

Yang kelima, biarkan si kecil istirahat dengan cukup. Jauhkan segala gangguan yang membuatnya tidak bisa tidur, mulai dari gadget, TV, hingga suara bising. Istirahat yang cukup akan memperkuat daya tahan tubuh sehingga demam bisa segera turun dan kondisi si kecil segera pulih.

Nah, itulah 5 tips pertolongan pertama pada demam yang dialami oleh anak. Sekarang, Anda tidak perlu khawatir lagi karena sudah tahu bagaimana cara menghadapi ketika anak demam. Yang penting adalah jangan panik dan sediakan obat-obatan untuk menghadapi situasi yang tidak terduga seperti ini.
Related Posts
SHARE

Related Posts

Subscribe to get free updates

Posting Komentar