HnJxnamjFNAlOVF6Q1uObREh7avz80zCg0Efg9rw

Laporkan Penyalahgunaan

Cari Blog Ini

Malas Olahraga? Yuk Intip 5 Manfaat Olahraga Bagi Kesehatan!


Berolahraga teratur merupakan sebuah kebiasaan baik yang memiliki segudang manfaat. Olahraga sangat baik dilakukan oleh anak-anak, orang dewasa maupun lanjut usia. Selain bermanfaat bagi kesehatan tubuh, olahraga juga dapat memperbaiki kualitas hidup seseorang yang melakukannya. Dengan rutin melakukan olahraga, Anda dapat merasakan manfaat olahraga baik secara langsung maupun jangka panjang. 

Olahraga dapat dilakukan di dalam rumah maupun di luar ruangan. Bagi mereka yang memiliki kesibukan di kantor biasanya menyempatkan diri untuk berolahraga di akhir pekan. Bagi yang memiliki banyak waktu senggang bisa melakukan olahraga setiap pagi. Jenis olahraganya pun beragam, mulai dari bersepeda, jogging, aerobik, dan lain-lain. 

Manfaat Olahraga Bagi Kesehatan Tubuh 

Olahraga merupakan cara yang sangat mudah dan murah untuk mendapatkan tubuh yang sehat. Namun tidak sedikit juga yang sering mengabaikan untuk berolahraga dan baru mengeluh ketika kesehatan mulai menurun dan berat badan meningkat. Tentu hal tersebut sangat tidak Anda inginkan, bukan? 

Lebih jelasnya berikut akan kami uraikan tentang keuntungan yang didapatkan dari olahraga. 

1. Mencegah penyakit jantung dan stroke 

Berolahraga secara rutin setiap hari dapat memperkuat otot jantung, menurunkan tekanan darah, meningkatkan HDL (high density lipoprotein), dan menurunkan LDL (low density lipoprotein) sehingga sangat membantu mencegah penyakit jantung dan stroke. 

2. Menekan risiko osteoporosis 

Mengangkat beban secara teratur merupakan jenis olahraga yang dapat membantu proses pembentukan tulang. Jika dilakukan secara teratur maka tulang akan terlatih. Hal ini akan berdampak ketika bertambahnya usia gangguan pada tulang seperti osteoporosis dapat ditekan. 

3. Mencegah obesitas 

Berolahraga lari sangat membantu menurunkan berat badan. Dengan berlari kalori dalam tubuh akan berkurang. Berlari juga dapat menurunkan kolesterol darah dan memperbaiki metabolisme tubuh. Hal ini akan mengurangi berat badan tubuh sehingga dapat mencegah obesitas. 

4. Mengatasi stres 

Berbagai masalah yang Anda hadapi, baik masalah kantor maupun pribadi sering membuat mood menurun hingga stres. Olahraga bisa menjadi salah satu solusi untuk mengatasinya. Berolahraga dapat meningkatkan sensitivitas otak pada hormon serotonin, norepinefrin, dan endorfin. Hormon tersebutlah yang dapat membuat seseorang menjadi bahagia. Maka dengan rutin berolahraga stres dan gelisah dapat ditekan. 

5. Tidur lebih nyenyak 

Segudang aktivitas kantor kadang membuat tubuh lelah, apalagi jika dilanjutkan dengan berolahraga di sore atau malam harinya. Tentu badan terasa lebih lelah dan ingin segera beristirahat. Ini merupakan pertanda baik. Dengan begitu tidur akan menjadi lebih nyenyak dan keesokan harinya bangun lebih segar. 

Demikian merupakan 5 manfaat yang akan Anda peroleh apabila rutin berolahraga. Untuk itu marilah mulai menyempatkan sedikit waktu untuk berolahraga demi segudang manfaat untuk tubuh yang tak ternilai harganya. Agar hasilnya lebih maksimal, imbangi juga dengan pola makan yang sehat. 

Semoga informasi di atas bermanfaat ya! 
Related Posts
SHARE

Related Posts

Subscribe to get free updates

Posting Komentar